Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Rabu, 07 Desember 2011

Perkebunan Lada Tanjung Ratu di Dusun Tanjung Ratu, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka

A. Selayang Pandang


Di samping dikenal sebagai pusat penambangan timah, Bangka juga dikenal sebagai penghasil lada putih terbesar sedunia. Lada putih Bangka menjadi komoditas unggulan yang menembus pasar dunia, sehingga Bangka dikenal dengan sebutan pulau lada oleh nagara-negara Eropa. Oleh karena prospeknya sangat signifikan dengan permintaan pasar dunia, masyarakat Bangka berlomba-lomba membuka usaha di bidang perkebunan lada.

Salah satu dari perkebunan lada yang besar berada di Dusun Tanjung Ratu, Sungailiat, yang luas arealnya mencapai sekitar 100 Ha. Perkebunan ini kemudian menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi karena kecantikan alam dan keasriannya.
B. Keistimewaan

Keistimewaan perkebunan lada Tanjung Ratu ini adalah pada suasana alamnya yang teduh dan segar. Pengunjung dapat memasuki dan menikmati pemandangan hamparan tanaman lada dan mencium aromanya. Bagi pengunjung yang jenuh terhadap suasana kota yang panas dan semrawut, rimbunan pepohonan lada ini bisa menghadirkan ketenangan dan kebersihan udara. Jika ingin mengetahui atau merasakan memetik biji lada, pengunjung bisa menemani dan membantu para pekerja yang sedang mengambil biji lada di perkebunan ini.
C. Lokasi

Perkebunan lada ini terletak di Dusun Tanjung Ratu, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
D. Akses

Jarak perkebunan ini dengan pusat Kota Sungailiat sekitar 10 Km. Akses ke lokasi perkebunan sangat mudah. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum (bus, angkutan, atau ojek).
E. Harga tiket

Pengunjung tidak ditarik biaya masuk.
F. Fasilitas dan Akomodasi

Tidak jauh dari lokasi perkebunan terdapat banyak penginapan, hotel, restoran, dan warung makan.

0 komentar:

Posting Komentar