Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Kamis, 08 Desember 2011

Proses penanaman bibit jabon

Proses penanaman bibit jabon yang ideal tidak dilihat dari ukuran ketinggian bibit jabon melainkan dilihat dari area yang akan digunakan untuk penanaman bibit jabon tersebut.


Kami pernah membaca sebuah artikel yang menjelaskan bahwa bibit jabon apabila ditanam dengan ketinggian bibit 75 cm ke atas maka tingkat kegagalannya akan sangat tinggi, KAMI MENGATAKAN ITU TIDAK BENAR!!! Trus.. bagaimana dengan sahabat-sahabat yang memiliki area di daerah berawa dan bertanah gambut?? sementara pada daerah tersebut biasanya pada saat musim penghujan air naik lebih dari 1 meter, jadi mereka tidak dapat berinevestasi ke jabon dong? Maka dari itu kami menyimpulkan tanaman bibit jabon tidak hanya bagus ditanam pada ketinggian bibit yang hanya memiliki ketinggian antara 25 sd 40 cm saja. Dengan melalui proses pengkerdilan maka bibit tanaman jabon bisa ditanam dengan ketinggian bibit sampai dengan 1 meter tanpa menggunakan ajir sebagai penyangga, jadi bagai sahabat-sahabat yang berdomisili di daerah tanah berawa dan gambut tidak usah khawatir untuk berinvestasi di tanaman jabon.

Sekedar tips bagi sahabat-sahabat yang akan berinvestasi jabon di daerah berawa dan bertanah gambut sebaiknya penanaman dilakukan pada saat musim kemarau menjelang musim penghujan, jadi pada saat musim penghujan tiba dan tanah tersebut digenangi air maka bibit tersebut sudah dalam keadaan berakar kuat. Selain itu kami menyarankan kepada sahabat-sahabat agar menanam bibit jabon dengan ukuran antara 75 cm sd 1 m agar pada saat musim penghujan tiba dan area digenangi air maka bibit tanaman jabon tidak terendam sepenuhnya oleh air tersebut.

Ketinggian 3-5 m di atas permukaan air laut

Artikel lainnya:

Kayu jabon

bibit jabon, bibit jabon di rawa, bibit jabon di tanah gambut, jabon di musim penghujan, kayu jabon, penanaman bibit jabon yang ideal, proses pengkerdilan bibit jabon
Artikel Lainnya:

Bibit Cengkih
Asumsi Biaya Investasi Kayu Jabon
Harga Bibit Jabon
Mebel Hasil Olahan Kayu Jabon

0 komentar:

Posting Komentar